thumbnail

LUMAJANG TERUS KOMITMEN GARAP LITERASI

WEDNESDAY, 28 OCT 2020 OLEH

[lumajangkab.go.id] Pendidikan yang berkualitas menjadi kebutuhan penting di era persaingan global yang kian kompetitif. Salah satu upaya pemerintah menjadikan pendidikan berkualitas melalui peningkatan budaya literasi (membaca dan menulis). 

Untuk meningkatkan budaya gemar membaca dan menulis bagi pelajar dan masyarakat, Dinas Kearsipan dan Perpustakan Kabupaten Lumajang menggelar Lomba Jurnalistik untuk siswa SMA/SMK dan MA se Kabupaten Lumajang. Acara ini diselenggarakan tanggal 18-20 April 2017.

Lomba jurnalistik ini merupakan salah satu lomba dari empat lomba yang digelar. Lomba lainnya, meliputi Lomba Bercerita Rakyat bagi siswa SD/MI, Lomba Penghantar Tidur bagi Wali Murid Kelompok Bermain, Lomba Implementasi Budaya Baca dan Uji Cerdas bagi siswa SMA/SMK se-Kabupaten Lumajang. 

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Drs. Yos Sudarso mengatakan bahwa lomba ini diadakan sebagai upaya meningkatkan budaya baca di lingkungan masyarakat melalui perpustakaan. Yos Sudarso juga menambahkan bahwa selama tahun 2017, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengadakan Wisata Buku Nonton Cerdas bagi anak-anak pemula. Setiap harinya mengundang anak-anak PAUD dan TK untuk membaca buku dan diakhiri nonton cerdas. 

“Serangkaian kegiatan termasuk yang diadakan selama tahun 2017 ini, kita mengadakan Wisata Buku Nonton Cerdas bagi anak-anak pemula, hal ini dalam rangka mendukung program Bupati beserta Ketua TP. PKK mendorong Lumajang menjadi Kabupaten Layak Anak”, tutur Yos. 

Lebih lanjut Yos Sudarso mengatakan bahwa terkait literasi atau budaya baca, Kabupaten Lumajang meraih penghargaan tingkat nasional dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai Kabupaten Literasi Mitra USAID Prioritas dengan kategori A atau sangat baik. Kabupaten Lumajang tercatat menduduki peringkat kedua setelah Kabupaten Serdang Bedagai dalam Indeks Pembangunan Literasi. 

“Alhamdulillah kolaborasi antara Perpustakaan, Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama berhasil membawa Lumajang peringkat 2 Nasional, tahun depan Lumajang bertekad untuk dapat nomor 1”, ujar Yos. (Kominfo-lmj)

 

Berita Terpopuler

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'curl' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: